Sabtu, 04 Desember 2010

Hidup sehat, Bye-bye dokter

Dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu berhadapan dengan konsumsi gizi dengan segala aspeknya. Kecukupan gizi dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin, aktivitas sehari-hari dan status kesehatan. Pengurangan konsumsi energi sekitar 30 %, mineral dan vitamin sesuai dengan yang dibutuhkan telah dilakukan pada tikus percobaan dengan hasil “tikus tampak lebih segar jika dibandingkan dengan tikus yang diberi diit ad libitum ( sekenyangnya). Umurnya mencapai 1500 hari, sedangkan dengan diit sekenyangnya umurnya hanya 1000 hari. Derajat kekebalannya lebih tinggi, peluang untuk terkena kanker juga lebih rendah 7 % dibandingkan dengan diberi diit biasa 73%”.

Berdasarkan beberapa hasil penelitian untuk memperoleh kebugaran yang optimal di anjurkan untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:


1. membatasi konsumsi energi dengan menghindari makanan yang berlemak, berminyak. Kurangi makan organ tubuh hewan (jeroan, paru, jantung). Kurangi mengonsumsi gula, dan lebih banyak makan ikan.
2. Perbanyaklah minum air putih, karena air putih merupakan pelarut yang baik untuk menghilangkan racun yang ada dalam tubuh. Air akan membawa racun-racun tersebut keluar dari tubuh melalui keringat atau urine.
3. Makanlah makanan yang beraneka ragam, karena zat-zat gizi dari bahan makanan akan saling melengkapi. Empat sehat lima sempurna perlu diterapakan yaitu ada karbohidrat (nasi), protein (lauk-pauk), sayur-sayuran dan buah-buahan, dan jika mampu disempurnakan dengan susu.
4. Kurangi makan garam karena garam dengan cara menyenangi makanan yang tidak asin, rendamlah ikan asin sebelum dimasak. Kurangi makan makanan ringan yang asin seperti potato chip, chiki, kacang goreng dll.
5. Rajin-rajinlah berolahraga karena makan-makanan yang bergizi saja tidak cukup tanpa adanya olahraga.
6. Tidur siang yang cukup, karena riset menunjukan beberapa orang yang tidur siang ingatannya lebih tajam dan tidak mudah stress daripada orang yang jarang atau tak pernah tidur siang.


Oleh karena itu yang patut mendapat perhatian adalah menjaga kesehatan yang baik, fungsi-fungsi vital tubuh dapat dipertahankan baik pula. Dua faktor terpenting untuk menjaga tubuh agar tetap bugar adalah makan makanan yang mempunyai gizi seimbang dan rajin berolahraga secara teratur .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar